Pengertian Kain Flanel

Pengertian Kain Flanel

Kain flanel atau felt yaitu type kain yang di buat dari serat wol, tanpa ada ditenun. Sistem pembuatan kain flanel dimaksud juga wet felting, yakni sistem pemanasan serta penguapan hingga membuahkan type kain flanel atau felt yang bermacam struktur serta macamnya, bergantung dari kombinasi bahan pembuatnya..

Seiring waktu berjalan, flanel makin dikenal beberapa orang. Terlebih, kelompok perajin aksesories. Satu diantara hal yang manarik dari kain flanel yaitu warnanya yang bermacam serta komplit, diluar itu struktur kainnya yang lembut.

Histori Singkat Flanel

Flanel yaitu type kain tertua dalam histori manusia, lebih tua dari kain tenun serta rajut. Type kain flanel yang begitu rumit juga diketemukan dalam keadaan diawetkan di satu makam di Siberia yang datang dari th. 600M.

Banyak bangsa yang mempunyai legenda dalam kebudayaannya mengenai pembuatan kain felt atau flanel ini. Legenda dari Sumeria mengklaim kalau pembuatan flanel untuk pertama kalinya diketemukan oleh seorang yang bernama Urnamman. Kebiasaan bikin kain felt juga masih tetap dipraktikan oleh golongan nomadic di Asia Tengah untuk bikin permadani, tenda atau baju. Di Barat flanel jugadigunakan dengan cara luas sebagai media untuk berekspresi dalam dunia seni tekstil seperti seni design.

Manfaat Flanel

Dipakai untuk bikin kerajinan tangan atau handicraft. Bermacam kerajinan tangan dari flanel dapat berbagai – jenis, diantaranya gantungan kunci, gantungan ponsel, tempelan kulkas, bross krudung, jepitan rambut, kalung, bando dll. Untuk memperoleh kain flanel ada di beberapa toko peralatan jahit. Yang menarik dari kain flanel, menurut saya yaitu warnanya yang berbagai macam serta lembut. Serta, karna lembut itu, kain flanel aman untuk anak-anak jika di buat jadi mainan. (Sumber : Buku Pandai Berkreasi Dengan Kain Flanel)

Sekarang ini tren di orang-orang makin berkembang. Berbagai product yang dapat di gabung dengan hiasan dari kain Flanel. Bentuk desainnya juga jadi lebih beragam. Lewat brand azizahflanel, Saya menginginkan mengenalkan bermacam aksesori, serta souvenir dengan design unik dari kainFlanel.



Awalannya saya bikin kerajinan kain Flanel karna adik saya ada pekerjaan dari sekolah untuk bikin gantungan kunci dari flanel, dari situlah saya segera tertarik dengan kain flanel karna kainnya warna warni serta cerah tentu imut serta lucu di buat boneka. Lantas saya searching and mencari – mencari informasi mengenai flanel, kemudian saya cobalah – cobalah bikin bross krudung dari flanel serta digunakan adik saya untuk menhiasi krudungnya. Nyatanya dapet tanggapan bagus dari teman – teman adikku serta banyak yang pesan. Tanggapan yang bagus tersebut yg bikin saya tertarik serta mantap mengembagkan usaha flanel ini. Bahkan juga saya jual bross flanel di Koperasi sekolah.

Komentar