Pengertian, Sejarah, Dan Jenis-jenis Kain Sutra

Pengertian, Sejarah, Dan Jenis-jenis Kain Sutra


Pengertian :

 Sutra atau sutera adalah serat protein alami yang bisa ditenun jadi tekstil. Type sutra yang paling umum yaitu sutra dari kepompong yang dibuat larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu dimaksud serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, tetapi tak licin. Rupa berkilauan sebagai daya tarik sutra datang dari susunan seperti prisma segitiga dalam serat itu yang membolehkan kain sutra membiaskan sinar pada pelbagai pojok.

Histori serta Legenda :

 Sutera diketemukan serta dipakai pertama kalinya di Cina di bawah Kekaisaran Huang Ti (Yellow Emperor) sekitaran th. 2697 s/d 2597 Sebelumnya Masehi. Legenda menyampaikan kalau Lei-tzu sang Permaisuri kerajaan waktu itu tengah memerhatikan kepompong di pohon mulberry serta lalu mengambilnya, tanpa ada berniat kepompong itu jatuh di cangkir teh sang permaisuri. Waktu bakal mengambil kepompong itu sang permaisuri mengerti kalau kepompong itu lalu jadi berupa helaian benang yang halus serta panjang. Berikut awal pertamakali benang sutera diketemukan. Di Cina lalu permaisuri itu hingga saat ini di kenal sebagai Si Ling-chi atau Lady of the Silkworm.
Sejak itu Cina di kenal sebagai penghasil kain sutera yang populer di semua dunia. Banyak pedagang datang ke Cina untuk berdagang kain sutera Cina yang populer. Jalur perdagang itu lalu di kenal sebagai Silk Road atau Jalur Sutera

Beberapa jenis Kain Sutra :

1. Brocade yaitu tenunan dengan tehnik spesifik yang membuahkan efek sulam muncul serta permukaan yg tidak rata.
2. Chiffon yaitu sutra enteng yang transparan serta halus.
3. Sutra Cina yaitu sutra yang ditenun dengan cara simpel. Beratnya bermacam, dari yang enteng serta dipakai sebagai pelapis hingga yang berat, yang dijahit jadi baju serta gaun.
4. Georgette yaitu sutra crepe yang tidak tebal lebih betar dari chiffon serta permukaannya berkerut.
5. Organza yaitu serupa organdi katun, namun terbuat dari benang sutra serta transparan.
6. Shantung Silk yaitu semacam sutra yang didapat dari provinsi Shantung di Cina. Memiliki kandungan benang-benang yang tidak tipis serta tak bermacam.
7. Dupioni Silk yaitu serupa dengan shantung, dapat dikenali dari benang-benang yang tidak tipis serta tidak seragam, yang ditenun kedalam tekstil basic. Benang-benang ini lebih tidak tipis serta berat dari pada sutra shantung.
8. Silk Linen ditenun dengan cara simpel. beratnya bermacam dari enteng sampai berat.
9. Silk Satin yaitu sutra satin dengan sisi licin.
10. Charmeuse Silk di kenal sebagai sutra raja-raja, mengkilat, begitu halus, sinarnya menawan, jatuh cantik ditubuh.
11. Habotai Silk enteng, mengkilat, serta begitu lembut.
12. Jacquard Silk di buat dengan cara tenun yang rumit, untuk membuahkan design yang kompleks pada tekstil. Membuahkan pada mengkilat dengan matte.
13. Knit Silk sutra type jersey yang licin serta halus, pas untuk baju yang enteng serta bertumpuk.
14. Noil Silk terkadang dimaksud sutra mentah, karna benangnya tak diolah seperti sutra yang lain serta tekstil serupa flanel.

Sutra juga dalam tekstil lain seperti beludu serta korduroi.
Bukti pertama perdangan sutra yaitu diketemukan sutra di rambut mummy mesir pada th. 1070 SM. Selanjutnya perdangan sutra sedemikian meluas sampai ke Timur Tengah, Eroupa, serta Afrika Utara. rute-rute perdagangan paling utama pada Eroupa serta Asia di kenal sebagai Silk Road.

Komentar